INDONESIA DI ERA DEMOKRASI

INDONESIA DI ERA DEMOKRASI

Pada sekarang ini, negara Republik Indonesia khususnya bangsa indonesia yang jumlah penduduknya ± 200.000.000 (Dua ratus juta) jiwa terbesar ke 5 di dunia setelah negara Cina, India, Rusia, dan Amerika. Dari seluruh bangsa Indonesia hampir 80% nya bangsa / masyarakat Indonesia menginginkan negara Republik Indonesia yang demokrasi, bebas menyampaikan pendapat serta menjunjung tinggi hak azasi manusia, dari sejak lahir sampai mati karena bangsa Indonesia baru saja terbebas dari belenggu ke diktatoran atau pemerintah yang menjalankan roda kehidupan secara otoriterisme di bawah pimpinan presiden Soeharto.

 

Oleh sebab itu dengan jatuhnya pemerintahan Soeharto pada tahun 1998 dan diganti oleh Presiden Bj. Habibie negara Indonesia terjadi perubahan dari otoriter menjadi Reformasi di segala bidang, maka berangkat dari sinilah bangsa Indonesia mengiginkan negara yang benar – benar Demokrasi, namun hendak dikata menurut pendapat saya, bahwa bangsa Indonesia belum siap untuk menuju negara yang demokrasi. Alasan saya berasumsi seperti itu adalah sejak tahun 1998 sampai sekarang ini sebagian bangsa Indonesia bila menuntut hak – haknya atau menyampaikan pendapatnya baik secara individu atau kelompok selalu berlebihan dan berujung bentrok, sedikit – sedikit bila tuntutannya / apa yang dihendaki tidak sesuai dengan harapannya umumnya para pejabat disuruh mundur bahkan sampai berbuat anarkisme secara brutal, merusak, membakar, barang – barang yang ada di sekitarnya, bahkan siapa yang menghalangi niatnya mereka tega menganiaya atau bahkan membunuhnya. Maka berawal dari situlah Indonesia munuju / di era Demokrasi ini bangsa Indonesia belum siap betul karena kita harus selalu ingat pada sejarah, sesuai apa yang difilsafatkan oleh Presiden pertama yaitu Soeharto, Beliau mengatakan “ jangan meninggalkan sejarah” memang betul menurut saya filsafat itu, karena negara Indonesia negara yang kita cintai ini menuju negara merdeka membutukan waktu ± 350 tahun, ( dijajah Belanda dan Jepang), dari negara yang merdeka menuju negara berkembang membutuhkan waktu ± 50 tahun, dipimpin oleh Presiden  Soekarno  dan Presiden Soeharto.

 

Maka dari itu menurut pendapat saya, negara Indonesia / sebagian bangsa Indonesia masih belum siap untuk menuju negara yang Demokrasi yang sebenarnya, karena sudah berjalan hampir ± 13 tahun dengan pergantian 4 kali pemerintahan yaitu : Bj Habibie, Kh. Abdurrahman Wahid / Gus Dur, Ibu Mega Soekarno Putri dan sekarang Soesilo Bambang Yudhoyono atau yang terkenal dengan sebutan SBY. Negara Indonesia yang di harapkan oleh bangsa Indonesia menuju Demokrasi bertambah rusak, aturan pemerintah tidak digubris, aturan hukum tidak dipatuhi, inginnya setiap masyarakat berbuat sendiri – sendiri semaunya, bahkan mengenyampingkan aturan – aturan yang berada dalam UUD 1945 dan dasar negara kita Pancasila.

 

Demikian pendapat saya untuk menuju Indonesia di era Demokrasi, bangsa Indonesia betul – betul belum siap dan masih membutuhkan waktu minimal ± 50 tahun, negara kita betul – betul Demokrasi serta dengan adanya pendapat ini saya menerima saran dan kritik atau masukan guna melengkapi pendapat saya ini ( Indonesia di era Demokrasi ).

 

 

About these ads

Satu gagasan untuk “INDONESIA DI ERA DEMOKRASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s