SIMPULAN SECARA TIDAK LANGSUNG

  1. Silogisme Katagorial

Contoh :

–          Semua manusia pernah lupa

Manusia juga manusia

Jadi mahasiswa adalah pernah lupa

–          Unggas berkembang biak dengan bertelur

Ayam adalah unggas

Jadi ayam berkembang biak dengan bertelur

2.       Silogisme Hipotesis

Contoh :

–          Jika es dipanaskan es akan mencair

Es dipanaskan jadi es mencair

Jika es tidak dipanaskan es tidak mencair

Es tidak dipanaskan jadi es tidak mencair

–          Jika buah alpukat itu terus dibiarkan buah alpukat akan membusuk

Buah alpukat terus dibiarkan jadi buah alpukat busuk

Jika buah alpukat tidak terus dibiarkan buah alpukat tida akan membusuk

Buah alpukat tidak dibiarkan jadi buah alpukat tidak akan membusuk

3.        Silogisme Alternatif

Contoh :

–          Para turis suka berlibur ke Bali atau ke Jakarta

Para turis suka berlibur ke Bali

Jadi para turis tidak suka ke Jakarta

–          Dia seorang guru atau dokter

Dia seorang guru

Jadi dia bukan dokter

4.       Entimen

Contoh :

–          Semua dosen adalah orang pandai

Pak  Johan adalah seorang dosen

Jadi pak Johan adalah orang pandai

–          Semua pemimpin adalah orang yang disiplin

Guntur adalah seorang pemimpin

Jadi guntur adalah orang yang disiplin

5.        Rantai Deduksi

Contoh :

–          Semua buah srikaya manis rasanya
sekarang musim srikaya

Jadi banyak srikaya manis rasanya

Saya di beri papa srikaya

Papa memberi saya srikaya karena saya suka srikaya

Jika saya tidak suka srikaya papa tidak akan memberi saya srikaya

Saya tidak suka srikaya jadi papa tidak memberi saya srikaya

Itu buah srikaya atau sirsak

Itu buah srikaya

Jadi itu bukan buah sirsak

Semua srikaya asem rasanya

Sirsak bukan srikaya

Jadi sirsak asem rasanya

 

Tinggalkan Balasan

