RESENSI BUKU MEMAHAMI AKUNTANSI DASAR: PENDEKATAN TEKNIS SIKLUS AKUNTANSI

RESENSI BUKU MEMAHAMI AKUNTANSI DASAR: PENDEKATAN TEKNIS SIKLUS AKUNTANSI

Judul buku: Memahami Akuntansi Dasar; Pendekatan Teknis Siklus Akuntansi
Pengarang : Drs. Hadri Mulya, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi UMB)
Penerbit : Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta 2008
Tebal buku: 254 halaman

 

Buku Memahami Akuntansi Dasar; Pendekatan Teknis Siklus Akuntansi karangan Drs. Hadri Mulya, M.Si merupakan jenis text book akuntansi yang sangat cocok untuk dijadikan pegangan bagi setiap orang, terutama mahasiswa yang ingin mempelajari dan bergelut dalam bidang akuntansi.

Isi buku diawali terlebih dahulu dengan sejarah perkembangan akuntansi. Akuntansi merupakan hasil dari perkembangan sistem pembukuan berpasangan yang diciptakan oleh Luca Pacioli. Beliau bukanlah seorang pakar akuntansi, melainkan rahib Fransiscan yang menekuni bidang matematika. Tetapi namanya lebih dikenal sebagai orang pertama yang memperkenalkan sistem pembukuan berpasangan lewat bukunya yang berjudul “Summa de Arithmetica Geomeria, Proportioni et Proportiionalita”. Dia mneyatakan bahwa tujuan pembukuan adalah untuk memberi informasi yang tepat waktu bagi para pedagang mengenai aset dan kewajibannya. Berpasangan sendiri maksudnya adalah jika anda menjadikan debitor seseorang, maka anda harus menjadikan kreditor orang lainnya.

Tonggak sejarah akuntansi terjadi melalui Tragedi Tahun 1920. pada tahun ini, aktivitas perusahaan berkembang dan maningkat dengan tajam, sehingga setiap penyusunan standar akuntansi tidak melalui diskusi sebelum membuat suatu konsensus standar. Akibatnya, banyak terjadi penyesatan informasi keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Sehingga harga saham di bursa pasar modal berjatuhan. Di Indonesia sendiri, perkembangan bidang akuntansi diikuti oleh berdirinya Ikatana Akuntan Indonesia (IAI) pada 23 Desember 1957. tujuannya adalah untuk membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan dan pekerjaan akuntan Indonesia.

Dapat diketahui dari judulnya, ini merupakan text book yang memuat semua pemahaman dasar bidang akuntansi yang diperlukan oleh orang-orang yang ingin menekuni bidang akuntansi. Buku ini ditulis dengan kalimat yang mudah dipahami serta dilengkapi dengan ilustrasi soal lengkap dengan jawaban. Buku ini semakin lengkap dengan pelatihan soal yang diberikan di dalamnya.

Text book akuntansi ini jauh berbeda dengan text book akuntansi lainnya. Perbedaan ini terlihat dengan adanya pembahasan sejarah akuntansi diawal buku. Penulis mengharapkan agar melalui pembahasan sejarah akuntansi ini ammpu menggugah minat pembaca untuk mempelajari akuntansi dan mencermati perkembangannya di era modern.

Selain itu, siklus akuntansi yang dipikir orang sangat rumit, disajikan dengan sesederhana mungkin dalam buku ini. Siklus akuntansi per bagian dijelaskan secara urut dari bab 3 hingga bab 13. sementara bab 14 hingga bab 17 membahas pendekatan perkiraan pada neraca, yang terdiri dari kas, piutang dagang dan piutang wesel, persediaan serta aktiva tetap.

Selain itu, buku ini juga membahas penggunaan komputer dalam perkembangan akuntansi yang semakin canggih dewasa ini. Sehingga proses akuntansi akan semakin cepat dan lebih akurat. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan
Buku ini bukan hanya mengungkapkan teknis siklus akuntansi tapi juga membahas etika dan moral menjadi seorang akuntan. Hal ini sangat penting, sehingga bukan hanya mendidik masyarakat akuntansi secara teknis tapi juga etika moral.

sumber : http://www.mercubuana.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s